Hallo semua berjumpa lagi bersama saya disini ,semoga para
pembaca senantiasa dalam keadaan sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini
penulisa akan membagikan sedikit ilmu yang telah penulis dapat mengenai
Marketing Mix dalam hal ini penulis mengambil contoh dari domino’s pizza untuk
data data didapatkan dengan cara melakukan pengamatan dan penelusuran web web yang tersedia di internet. Tanpa
berlama lama lagi mari kita mulai pembahasannya
Marketing Mix 4P
Promotion
Promotion Saat
ini dapat dikatan Domino’s Pizza Indonesia masih jauh kalah pamor dibandingkan
dengan pamor kompetitor utamanya yaitu PHD, dibandingkan dengan PHD Domino’s
Pizza kurang familiar serta bukan menjadi yang top of mind sebagaip perusahaan
pizza yang berfokus pada delivery, Oleh karena itu untuk dapat menjari customer
baru maupun meningkatkan pembelian dari customer yang telah dimilikinya, domino
menggunakan strategi promosi adapun strategi promosi yang selama ini digunakan
oleh domino pizza adalah sebagai berikut.
Sales Promotion
Untuk jasa delivery, Domino’s Pizza lebih menekankan promosi untuk para
pengguna mobile app dan delivery online. Untuk promo bagi pengguna mobile app,
Domino’s Pizza menawarkan promo “buy one get one free” pizza bagi para
pelanggan yang melakukan order pizza melalui mobile app setiap hari senin dan
rabu. Untuk order online, Domino’s pizza memiliki promo “4 Small Pizza for only
Rp.60.000” dimana para pelanggan dapat membeli empat pizza ukuran kecil seharga
Rp.60.000, namun khusus untuk pelanggan yang memesan melalui website Domino’s
Pizza.
Domino’s Pizza
juga tidak melupakan konsumen yang memesan langsung di toko mereka. Setiap hari
selasa dan kamis, Domino’s Pizza memiliki promo “buy one get one free” untuk
pesanan bia telepon atau pesan di tempat. Domino’s Pizza juga memiliki promo
“Pizza of the Day”, dimana pelanggan dapat membeli jenis pizza tertentu untuk
harga yang lebih murah setiap weekdays.
Selain promosi
tersebut, Domino’s Pizza memiliki promo bundling dengan paket “Value Deal”,
dimana pelanggan ditawarkan satu paket pizza dengan pilihan hidangan lainnya
(snack, pasta, atau dessert) serta minuman dengan harga yang lebih terjangkau
dibandingkan membeli secara terpisah. Domino’s Pizza juga memberikan informasi
produk berupa brosur yang berisi menu produk mereka dan promosi apa yang mereka
adakan setiap bulannya.
Brosur tersebut
diberikan ketika konsumen melakukan pesan antar dan diberikan pada saat pesanan
mereka telah tiba. Selain melalui pesan antar, brosur tersebut juga disebarkan
melalui kotak surat di tempat tinggal konsumen yang berada di dalam range
delivery Domino’s Pizza. Hal ini dilakukan agar dapat menyampaikan informasi
mengenai Domino’s untuk warga yang berada di daerah jangkauan Domino’s Pizza
Delivery. Untuk dapat membangun engagement bagi konsumen sebelumnya serta
meningkatkan awareness dari potential customer, Domino Pizza Indonesia
menggunakan sosial media. Saat ini sosial media yang dimiliki oleh domino
adalah sebagai berikut Twitter Instagram Facebook Berdasarkan hasil observasi kami,
sosial media yang dimiliki domino berfokus pada penginformasian promo promo
yang digunakan oleh domino pizza untuk mendapat customer baru atau membuat
customer sebelumnya membeli kembali produk dari domino pizza.
Tidak
ada perbedaan signifikan penggunaan antara twitter facebook dan instagram milik
domino pizza, ketiganya digunakan untuk memberikan informasi, membangun relasi
dan juga menampung keluh kesah dari konsumen, walaupun pada dasarnya masing
masing sosial media memliki karakteristikya masing masing.
Place
Place Store
Domino’s saat ini lebih banyak berupa store kecil dengan tempat duduk yang
sedikit. Lebih mengutamakan takeaway dan delivery daripada restoran. Domino’s
juga telah mengembangkan strategi delivery-nya melalui aplikasi smartphone yang
lebih meperlihatkan bahwa domino’s sudah lebih terfokus kepada jasa pengantaran
ketimbang restoran. Domino’s di Indonesia Melalui PT Mitra Adi Perkasa,
Domino’s Pizza hadir di Indonesia pada tanggal 22 Agustus 2008, dengan gerai
pertama mereka di Pondok Indah. Saat ini, Domino’s telah memiliki 70 gerai di
Jabodetabek, Bandung, dan Bali
Domino's Pizza Indonesia
1,5 km · Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
(021) 29827409
Buka hingga
00.00
|
Domino's Pizza Indonesia
Transmart Carrefour Cempaka Putih
8,2 km · Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
(021) 42871511
Buka hingga 22.00
|
Domino's Pizza Indonesia
16,7 km · West Jakarta City, Jakarta
(021) 29203808
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
7,5 km · Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta
(021) 27515880
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
11,3 km · North Jakarta City, Jakarta
(021) 45854909
Buka hingga 23.00
|
Dominos Pizza
9,2 km · Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
(021) 29336741
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Lokasari
10,7 km · Jakarta Barat, DKI Jakarta
(021) 62307084
Buka hingga 00.00
|
Domino's Pizza - Petukangan
11,5 km · Kota Jakarta Selatan, DKI
Jakarta
(021) 73882624
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
600,0 m · Kota Jakarta Selatan, DKI
Jakarta
(021) 22983991
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza
Mediterania Palace Residences
9,4 km · Central Jakarta City, Jakarta
(021) 30044661
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
3,3 km · Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta
(021) 22790980
Buka hingga 22.00
|
Domino's Pizza Indonesia
8,5 km · Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
(021) 3514606
Buka hingga 22.00
|
Domino's Pizza Indonesia
6,5 km · Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
(021) 22803541
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
9,0 km · Central Jakarta City, DKI
(021) 21201988
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Utan Kayu
5,1 km · Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
(021) 21381488
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Cipayung Jakarta Timur
10,8 km · Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
(021) 84341993
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
5,3 km · Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta
(021) 7261092
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia 174H
4,5 km · Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
(021) 3919465
Buka hingga 22.00
|
Domino's Pizza
13,1 km · Kota Bks, Jawa Barat
(021) 82732998
Buka hingga 23.00
|
Domino's Pizza Indonesia
21,9 km · Kota Depok, Jawa Barat
(021) 8619185
Buka hingga 22.00
|
Price
Price Dalam
penjualan produk mereka, Domino’s pizza menggunakan metode price-lining pricing
untuk produk pizza mereka. Perbedaan harga ini dilihat dari ukuran pizza, jenis
topping 7 (regular, favourite, dan premium), serta jenis pinggiran yang
ditawarkan. Domino’s Pizza juga melakukan bundling harga melalui paket “Value
Deal” yang ditawarkan kepada pelanggan. Untuk menu lain seperti pasta, side dish,
dessert, dan minuman, Domino’s Pizza menggunakan metode cost plus mark-up
pricing. Domino’s Pizza tidak mencerminkan bahwa mereka adalah produsen produk
premium. Hal ini dapat dicerminkan dari bagaimana mereka menetapkan harga untuk
produk mereka.
Product
Produk adalah suatu materi yang dihasilkan
untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen, baik berupa barang atau
jasa. Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke suatu kelompok
pelanggan atau pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.
Artinya manfaat produk tersebut akan menjadi solusi dari kebutuhan atau
keinginan konsumen.
Setiap produk memiliki siklus hidup, yang terdiri dari fase
pertumbuhan, fase dewasa dan akhirnya fase penurunan. Pemasar harus
memperhatikan dan memproyeksikan panjangnya siklus hidup produk tersebut, dan
mempersiapkan diri terhadap berbagai tantangan yang berbeda untuk setiap fase
dalam siklus tersebut.
Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam
dan selalu berkembang, maka penciptaan produk tetap harus dikembangkan.
Juga bisa dilakukan penambahan variasi produk, atau melakukan bauran produk
sehingga setiap produk akan menjadi komplementer bagi produk lainnya. tujuan
akhirnya tetap untuk memuaskan kebutuhan konsumen.
Refferensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar