Jumat, 02 Juni 2017

Ukm Yang Akan di Buat Jika Memiliki Modal Yang Cukup



Perkembangan dunia kuliner di Indonesia semakin pesat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan jumlah perusahaan industri mikro sektor makanan mengalami peningkatan signifikan. Tercatat hingga akhir 2014 terdapat 3.220.563 perusahaan makanan skala mikro di seluruh Indonesia.Bisnis roti merupakan salah satu industri kreatif di sektor kuliner yang ada di indonesia.

"Bisnis kue sebagai bagian dari dunia kuliner menunjukkan geliat yang mencengangkan," kata Chef Lanny Soechan, Brand Ambassador Interflour Indonesia, usai memberikan tutorial baking class di pameran SIAL InterFOOD 2016, Bakery Indonesia Expo-The 16th International Exhibition on Equipment & Supplies for the Bakery & Confectionery Industry.

Dengan beberapa pernyataan diatas bisnis kue memang sangat menjanjikan untuk itu jika saya di berikan modal yang cukup saya akan mendirikan sebuah ukm kue akhir akhir ini kue begitu diminati oleh para kalangan muda terutama kue kering . setiap rumah tangga pasti memerlukan sejumlah kue kering untuk di sajikan kepada tamunya . bukan hanya itu ketika lebaran sudah bisa di pastikan setiap rumah tangga pasti memesan kue kering untuk di sajikan di rumanya.

Product

Kue kering merupakan salah satu produk yang sangat menjanjikan untuk di jual terutama pada hari hari raya kue kering akan sangat banyak di pesan pada saat hari raya tidak hanya hari raya kue kering pun mampu terjual  pada hari hari biasa selain itu dengan memberikan variasi pada produk produk yang ada maka kemungkinan untuk menjual tidak hanya pada hari hari raya akan sangat besar contohnya seperti kue kering matcha , kue lidah kucing pelangi ,nastar , sagu keju , dan putri salju

Price

Harga bisa di tentukan dengan menggunakan metode metode biaya plus . dalam metode ini menetapkan harga jual untuk satu unit barangyang sama besarnya dengan biaya per satuan di tambah dengan jumlah untuk menutup laba yang di inginkan metode ini sangat cocok untuk usaha yang baru mulai menjalankan usahanya . dengan menggunakan metode ini maka kemungkinan untuk medapatkan laba akan semakin besar .

Placement

Tempat penjualan bisa dilakukan pada tempat tempat yang ramai seperti kios di pinggir jalan dan lain lain salain untuk menarik meraik para pelanggan ini juga di maksudkan untuk memperkenalkan produk produk yang ada ke pada para pelanggan baru selain itu juga dapat memudahkan masyarakat untuk mencapai lokasi penjualan sehingga tidak akan membuat pelanggan berpindah ke tempat pesaing yang ada yang akan membuat kerugian bagi produsen

Promotion

Promosi dapat dilahkukan dengan memberikan sejumlah tester pada orang orang dengan memberikan sejumlah tester mungkin akan mampu menarik pembeli untuk membeli produk yang di tawarkan , atau dengan memanfaatkan social media dengan melakukan promosi di media sosial tenti jangkauan pasar akan lebih luas dam mampu menarik lebih banyak lagi pembeli . selain itu memberikan suatu promo jika membeli 3 toples akan mendapatkan gratis satu promo ini dilakukan dengan cara menaikan harga dari tiga toples yang di jual untuk menutup harga dari satu toples yang di berikan secara gratis

Pengemabangan

Pengembangan dilakukan dengan membuat berbagai jenis kue dengan varian yang baru yang mampu menarik para pelanggan untuk mau mencoba merasakan produk baru tersebut , dengan mengikuti selera masyarakat yang selalu berubah ubah setiap saatnya . selain itu tampilan kue kering juga menjadi salah satu acuan seseorang untuk membeli setoples kue kering misalnya dengan membuat kue kering dengan karakter karakter kartun yang tengah di gemari . Jaman sekarang ini kue  dengan tampilan yang menarik akan banyak di minati oleh orang orang terutama kaum muda yang senang memposting makanan dengan tampilan yang menarik .oleh karena itu membuat tampilan kue semenaruk mungkin akan mampu meningkatkan nilai usaha yang ada

Target dan Pangsa pasar

Target pasar untuk ukm kue kering ini di bedakan dengan membuat berbagai jenis kue mulai dari yang kelas premium yang di tujukan umtuk masyarakat golongan atas,kelas gold untuk masyarakat golongan menengah dan yang terakhir kelas silver untuk masyarakat golongan menengah ke bawah penggolongan di bedakan dengan jumlah bahan baku yang di gunakan, variasi cita rasa , serta tampilan dari kue tersebut.
Untuk pangsa pasar di indonesia kue kering sangatlah menjanjikan terutama pada saat saat hari raya banyak orang berbondong bondong untuk membeli kue kering sabagai sajian untuk para tamu yang datang . pangsa pasar dapat di perluas dengan menggunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi . dengan melakukan promosi menggunakan media sosial maka masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang sedang di tawarkan atau yang juga biasa di sebut sebagai market development strategyselain itu juga bisa menggunakan strategi penetrasi pasar dengan melakukan promosi secara gencar.

Jika saya berkesempatan memiliki bisnis advisor maka saya akan memilih Jodi Janitra seorang yang kini sukses meraup omzet ratusan juta rupiah per bulan. Di bawah bendera PT Bonli Cipta Sejahtera, kini ia mengelola lima brand kue kering.

Lima merek produknya adalah Ina Cookies, Kersen Cookies, JnC Cookies, La Difa Cookies, dan Valya. Khusus merek La Difa dan Valya membidik segmen premium. Kedua brand itu juga sudah diekspor ke Malaysia, Hong Kong, dan Kanada.

Omzet rata–rata Rp 120 juta. Namun, saat ada momentum seperti Natal, Imlek, dan Lebaran, omzetnya bisa mencapai Rp 200 juta.

Dengan kemampuannya yang luar biasa walaupun tidak kuliah ia mampu membangun sebuah perusahaan dengan omzet ratusan juta pasti akan dapat banyak membantu dalam membangun sebuah usaha yang akan saya jalankan

Sumber :

Kelompok 11 :
1.      Bayu Irawan (21216357)
2.      Ira Murni Agilvi (23216568)
3.      Sahira Almas Tovani (26216766)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar