Perkembangan dunia kuliner di
Indonesia semakin pesat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan
jumlah perusahaan industri mikro sektor makanan mengalami peningkatan
signifikan. Tercatat hingga akhir 2014 terdapat 3.220.563 perusahaan makanan skala
mikro di seluruh Indonesia.Bisnis roti merupakan salah satu industri kreatif di
sektor kuliner yang ada di indonesia.
"Bisnis kue sebagai bagian
dari dunia kuliner menunjukkan geliat yang mencengangkan," kata Chef Lanny
Soechan, Brand Ambassador Interflour Indonesia, usai memberikan tutorial baking
class di pameran SIAL InterFOOD 2016, Bakery Indonesia Expo-The 16th
International Exhibition on Equipment & Supplies for the Bakery &
Confectionery Industry.
Dengan beberapa pernyataan diatas
bisnis kue memang sangat menjanjikan untuk itu jika saya di berikan modal yang
cukup saya akan mendirikan sebuah ukm kue akhir akhir ini kue begitu diminati
oleh para kalangan muda terutama kue kering . setiap rumah tangga pasti
memerlukan sejumlah kue kering untuk di sajikan kepada tamunya . bukan hanya
itu ketika lebaran sudah bisa di pastikan setiap rumah tangga pasti memesan kue
kering untuk di sajikan di rumanya.
Product
Kue kering merupakan salah satu produk yang sangat
menjanjikan untuk di jual terutama pada hari hari raya kue kering akan sangat
banyak di pesan pada saat hari raya tidak hanya hari raya kue kering pun mampu
terjual pada hari hari biasa selain itu
dengan memberikan variasi pada produk produk yang ada maka kemungkinan untuk
menjual tidak hanya pada hari hari raya akan sangat besar contohnya seperti kue
kering matcha , kue lidah kucing pelangi ,nastar , sagu keju , dan putri salju
Price
Harga bisa di tentukan dengan menggunakan metode metode
biaya plus . dalam metode ini menetapkan harga jual untuk satu unit barangyang
sama besarnya dengan biaya per satuan di tambah dengan jumlah untuk menutup
laba yang di inginkan metode ini sangat cocok untuk usaha yang baru mulai
menjalankan usahanya . dengan menggunakan metode ini maka kemungkinan untuk
medapatkan laba akan semakin besar .
Placement
Tempat penjualan bisa dilakukan pada tempat tempat yang
ramai seperti kios di pinggir jalan dan lain lain salain untuk menarik meraik
para pelanggan ini juga di maksudkan untuk memperkenalkan produk produk yang
ada ke pada para pelanggan baru selain itu juga dapat memudahkan masyarakat
untuk mencapai lokasi penjualan sehingga tidak akan membuat pelanggan berpindah
ke tempat pesaing yang ada yang akan membuat kerugian bagi produsen
Promotion
Promosi dapat dilahkukan dengan memberikan sejumlah tester
pada orang orang dengan memberikan sejumlah tester mungkin akan mampu menarik
pembeli untuk membeli produk yang di tawarkan , atau dengan memanfaatkan social
media dengan melakukan promosi di media sosial tenti jangkauan pasar akan lebih
luas dam mampu menarik lebih banyak lagi pembeli . selain itu memberikan suatu
promo jika membeli 3 toples akan mendapatkan gratis satu promo ini dilakukan
dengan cara menaikan harga dari tiga toples yang di jual untuk menutup harga
dari satu toples yang di berikan secara gratis
Pengemabangan
Pengembangan dilakukan dengan membuat berbagai jenis kue
dengan varian yang baru yang mampu menarik para pelanggan untuk mau mencoba
merasakan produk baru tersebut , dengan mengikuti selera masyarakat yang selalu
berubah ubah setiap saatnya . selain itu tampilan kue kering juga menjadi salah
satu acuan seseorang untuk membeli setoples kue kering misalnya dengan membuat
kue kering dengan karakter karakter kartun yang tengah di gemari . Jaman
sekarang ini kue dengan tampilan yang
menarik akan banyak di minati oleh orang orang terutama kaum muda yang senang
memposting makanan dengan tampilan yang menarik .oleh karena itu membuat
tampilan kue semenaruk mungkin akan mampu meningkatkan nilai usaha yang ada
Target dan Pangsa pasar
Target pasar untuk ukm kue kering ini di bedakan dengan
membuat berbagai jenis kue mulai dari yang kelas premium yang di tujukan umtuk
masyarakat golongan atas,kelas gold untuk masyarakat golongan menengah dan yang
terakhir kelas silver untuk masyarakat golongan menengah ke bawah penggolongan
di bedakan dengan jumlah bahan baku yang di gunakan, variasi cita rasa , serta
tampilan dari kue tersebut.
Untuk pangsa pasar di indonesia kue kering sangatlah
menjanjikan terutama pada saat saat hari raya banyak orang berbondong bondong
untuk membeli kue kering sabagai sajian untuk para tamu yang datang . pangsa
pasar dapat di perluas dengan menggunakan media sosial sebagai tempat untuk
melakukan promosi . dengan melakukan promosi menggunakan media sosial maka
masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang sedang di tawarkan
atau yang juga biasa di sebut sebagai market development strategyselain itu
juga bisa menggunakan strategi penetrasi pasar dengan melakukan promosi secara
gencar.
Jika saya berkesempatan memiliki bisnis advisor maka saya
akan memilih Jodi Janitra seorang yang kini sukses meraup omzet ratusan juta
rupiah per bulan. Di bawah bendera PT Bonli Cipta Sejahtera, kini ia mengelola
lima brand kue kering.
Lima merek produknya adalah Ina Cookies, Kersen Cookies, JnC
Cookies, La Difa Cookies, dan Valya. Khusus merek La Difa dan Valya membidik
segmen premium. Kedua brand itu juga sudah diekspor ke Malaysia, Hong Kong, dan
Kanada.
Omzet rata–rata Rp 120 juta. Namun, saat ada momentum
seperti Natal, Imlek, dan Lebaran, omzetnya bisa mencapai Rp 200 juta.
Dengan
kemampuannya yang luar biasa walaupun tidak kuliah ia mampu membangun sebuah
perusahaan dengan omzet ratusan juta pasti akan dapat banyak membantu dalam
membangun sebuah usaha yang akan saya jalankan
Sumber :
Kelompok
11 :
1.
Bayu
Irawan (21216357)
2.
Ira
Murni Agilvi (23216568)
3.
Sahira
Almas Tovani (26216766)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar