Sabtu, 05 November 2016

Tugas 4



Pertimbangan dalam Memilih Badan Usaha


Dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan disarankan memiliki badan usaha tertentu agar perusahaan tersebut memiliki legalitas untuk menjalankan kegiatannya. Salah satu fungsi dari badan usaha itu adalah melindungi perusahaan dari segala tuntutan maupun akibat aktivitas yang dijalankannya.
Ada beberapa faktor untuk memilih badan usaha yang akan dijalankan. Dalam praktiknya, pertimbangan utama pemilihan bentuk badan hukum bagi bisnis anda antara lain:


1.     Batas wewenang dan tanggung jawab pemilik
Ketika menjalankan bisnis, ada 2 hal yang sangat erat berkaitan, yaitu mengenai pengambilan keputusan dan batas kewenangan dalam menjalankan bisnis. Karakter badan usaha sangat menentukan hal ini. Karena tidak semua badan usaha memiliki pemisahan tanggung jawab antara pemilik dengan badan usahanya. Dalam hal memilih CV atau Firma sebagai badan usaha, ketika timbul suatu kerugian, maka kerugian tersebut menjadi tanggung jawab pemiliknya juga, hingga ke harta pribadi. Berbeda dengan Perseroan Terbatas, dimana ada keterbatasan tanggung jawab. 

2.     Kapasitas Keuangan dan Kemudahan Pendirian
Umumnya para pebisnis berskala kecil, ingin memilih pendirian badan usaha yang prosesnya sederhana dan biaya sesuai dengan kapasitas keuangannya. Ketika budgetnya tidak mencukupi untuk mendirikan Perseroan Terbatas, seringkali badan yang dipilih adalah CV. Namun yang harus diperhatikan adalah karakter dari badan usaha yang dipilih berikut tanggung jawabnya.

3.     Kemudahan memperoleh modal
Dalam bisnis, pemisahan keuangan pribadi dengan bisnis adalah hal mutlak. Ketika membuat badan usaha, diharapkan dapat membuat rekening atas nama perusahaan tersebut. Sehingga, untuk keperluan permodalan, akan dapat dengan mudah mengajukan ke perbankan atau investor apabila cash flow yang telah berdiri sendiri dan berjalan baik dari bisnis tersebut sudah diletakkan pada wadah khusus, yaitu rekening perusahaan.

4.     Perkembangan usaha
Pengusaha haruslah visioner, oleh karena itu optimisme dalam mengembangkan bisnis juga merupakan pertimbangan dalam memilih badan usaha. Seiring dengan perkembangan bisnis, maka tidak hanya omset yang makin besar, namun resikonya juga makin besar. Oleh karena itu perlu disesuaikan dan dipersiapkan strategi memilih badan usaha yang tepat.

5.     Kewajiban dari peraturang Perundang-undangan
Dalam bisnis tertentu, peraturan telah menggariskan adanya jenis badan usaha yang harus dipilih untuk dapat menjalankan bisnis. Semisal dalam pendirian Bank dan Rumah Sakit haruslah berbadan hukum PT. Dengan demikian, tidak ada pilihan bagi pengusaha untuk memilih badan usaha lainnya.
Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, maka diharapkan badan usaha yang dipilih benar-benar sesuai dengan harapan pemiliknya. Seiring dengan perkembangan bisnisnya, maka pemilihan badan usaha juga harus memiliki visi yang jauh ke depan.

Kecenderungan seseorang merubah bentuk perusahaan dari bentuk perusahaan perseorangan menjadi perusahaan terbatas


Sebelum kita mengetahui apa penyebab seseorang cenderung merubah bentuk perusahaan dari perusahaan perseorangan ke perusahaan terbatas kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu perusahaan perseorangan dan apa itu perusahaan terbatas.

Perusahaan perseorangan adalah adalah suatu perusahaan atau bisnis yang dimiliki oleh pemilik tunggal sedangkan pengusaha perorangan adalah pemilik dari suatu perusahaan perseorangan. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tertentu. Semua orang bebas berkembang membuat bisnis personal tanpa ada batasan untuk mendirikannya.
Sedangkan perusahaan terbatas adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui penyebab seseorang cenderung merubah bentuk perusahaannya yaitu karena, dalam perusahaan perseorangan pengusaha bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua resiko dan kegiatan perusahaan, apabila kekayaan perusahaan tidak dapat menutup utang perusahaan, maka kekayaan pribadi menjadi jaminan untuk menutup kekurangan pembayaran utang perusahaan tersebut. Pada umumnya kemampuan investasinya terbatas, sehingga besar atau luas usaha juga terbatas. Apabila pemilik perusahaan meninggal dunia atau tidak dapat aktif untuk waktu yang cukup lama, maka kegiatan perusahaan akan terhenti tetapi perusahaan tersebut dapat juga dipindahtangankan.

Berbeda dengan bentuk usaha Perseroan Terbatas, besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan, sehingga pemilik memiliki harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti kepemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas yaitu sebanyak saham yang dimiliki, apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas. Dengan menggunakan bentuk usaha Perseroan Terbatas, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan atau menghentikan kegiatan perusahaan.

Koperasi Bagi Rakyat Indonesia


Menurut saya koperasi sangat cocok dengan rakyat indonesia karena koperasi memiliki makna yang sama dengan kebiasaan rakyat indonesia yaitu bekerjasama dan tolong menolong antara individu satu dengan individu yang lain.  koperasi menganut sistem usaha kerakyatan yang mampu membantu  dalam berbagai usaha rakyat, usaha koperasi juga biasanya menganut sistem kekeluargaan jadi usaha-usaha rakyat yang tergabung dalam usaha koperasi lebih merasa nyaman. Di Indonesia koperasi berperan sebagai gerekan ekonomi rakyat yang sangat membantu masyarakat dalam kepentingan ekonomi demi menunjang kebutuhan hidup dan kesejahteraan anggotanya. Koperasi sangat membantu semua anggota yang tergabung di dalam organisasi tersebut. satu wujud nyata dari koperasi terutama KUD (Koperasi Unit Desa) menyalurkan bahan pangan, pupuk yang dapat membantu para petani dalam segi perawatan tanamanya sehingga harga jual dapat menaikan harga jual di pasaran.


Mengapa koperasi di indonesia sulit berkembang


Koperasi di  indonesia sulit untuk berkembang di sebabkan oleh 3 hal yaitu

1.Anggaran atau permodalan
Kurang berkembangnya koperasi juga berkaitan sekali dengan kondisi modal keuangan badan usaha tersebut. Kendala modal itu bisa jadi karena kurang adanya dukungan modal yang kuat dan dalam atau bahkan sebaliknya terlalu tergantungnya modal dan sumber koperasi itu sendiri. Jadi untuk keluar dari masalah tersebut harus dilakukan melalui terobosan structural, maksudnya dilakukannya restrukturasi dalam penguasaan factor produksi, khususnya permodalan.

2.Sumber Daya manusia
Banyak anggota, pengurus maupun pengelola koperasi kurang bisa mendukung jalannya koperasi. Dengan kondisi seperti ini maka koperasi berjalan dengan tidak profesional dalam artian tidak dijalankan sesuai dengan kaidah sebagimana usaha lainnya. 

3. Manajemen/manajerial
Manajemen koperasi harus diarahkan pada orientasi strategik dan gerakan koperasi harus memiliki manusia-manusia yang mampu menghimpun dan memobilisasikan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang usaha. Oleh karena itu koperasi harus teliti dalam memilih pengurus maupun pengelola agar badan usaha yang didirikan akan berkembang dengan baik.

Selain 3 faktor di atas menurut saya, yang menjadi penghambat perkembangan koperasi di indonesia adalah seperti kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyadari kebutuhan mereka sendiri dan mengembangkan  diri secara mandiri,padahal bila masyarakat memiliki kesadaraan itu akan menjadi motivasi utama bagi masyarakat untuk mendirikan koperasi sehingga dapat bekerja sama dengan yang lainnya. Selain itu mayoritas masyarkat masih menganggap koperasi sebagai ekonomi kelas dua ini menjadi salah satu penghambat koperasi untuk menjadi badan usaha ekonomi yang lebih besar  dan memiliki daya saing dengan lembaga ekonomi lainnya.

Usaha yang akan sangat maju di masa depan


Menurut saya salah satu bentuk usaha yang berpotensi untuk maju dan berkembang di masa yang akan datang adalah usaha di bidang kuliner.
Usaha di bidang kuliner merupakan suatu bidang usaha yang menurut saya tidak akan pernah mengalami kemunduran karena pda hakikatnya kebutuhan pokok manusia salah satunya ialah kebutuhan pangan, sedangkan hal penting lainnya yang harus dipikirkan agar suatu usha dapat terus berkembang adalah bagaimana menciptakan sebuah inovasi yang segar dan menarik sehingga kegiatan makan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan menjadi kegiatan yang lebih menarik dan bermanfaat.

Dewasa ini gaya hidup manusia menutut seseorang untuk mampu beraktivitas dengan cepat. Mobilitas yang sangat padat terkadang membuat seseorang lalai untuk memikirkan kebutuhan gizi atas asupan yang setiap hari yang dikonsumsi. Berlatar belakang dari fakta tersebut saya terfikir untuk membuat ide kuliner yang menyajikan makanan yang bukan hanya sekedar enak dan layak konsumsi namun juga menarik dan bergizi misalny ialah bakso pelangi.

Sesuai dengan namanya, bakso pelagi merupakan bakso dengan berbagai varian warna. Dimana setiap warnanya adalah alami dan berasal dari sayuran segar. Misalnya warna oranye dapat diperoleh dari wortel, warna hijau dapat diperoleh dari sawi hijau ataupun warna ungu yang dapat diperoleh dari buah bit.  Dengan adanya warna warna tersebut memberikan inovasi yang segar dari sebuah bakso yang selama ini kita kenal. Selain menarik, warna yang berasal dari sayuran segar yang bergizi juga dapat menjadi nilai tambah didalam makanan tersebut, sehingga peminatnya dapat menikmati sayuran dengan cara yang menarik dengan rasa yang enak.













Reff


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar