Jumat, 21 Oktober 2016

Tugas 2



Pengertian Bisnis

Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. 

Berikut beberapa pengertian bisnis menurut para ahli:

  • Menurut Prof Owen bisnis adalah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk di jual kembali ke pasar atau memberikan harga pada setiap barang atau jasa
  • Menurut MC Naughton bisnis merupakan pertukaran barang ,jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan
  • Menurut Urwick dan Hunt bisnis ialah perusahaan yang pemproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang di perlukan masyarakat dan atas dasar kesediaanya dalam membeli atau membayar
 

Karakteristik sistem bisnis

Kompleksitas keberagaman  ketidakpastian dan dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan-tantangan tersebut tentunya menjadikan sistem bisnis itu menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebagai berikut.

  • Kompleksitas dan Diversitas
Kompleksitas dan diversitas merupakan Sistem bisnis modern merupakan sistem yang sangat kompleks dan rumit yang terdiri dari banyak sektor dan setiap sektor di susun kelompok kelompok industri

  • Saling Ketergantungan
Saling ketergantungan yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya.

  • Perubahan dan Inovasi
Untuk menjamin keberhasilannya, perusahaan- perusahaan harus merespon perubahan selera dan tuntutan konsumen. Perubahan tersebut mendorong inovasi/penemuan produk baru untuk dilaunching ke pasar /konsumen

Peran Bisnis Dalam Masyarakat

Bisnis sangatlah berperan besar bagi kehidupan masyarakat baik yang mempunyai perusahaan perseorangan , perusahaan persekutuan atau bahkan dalam kehidupan pribadi . karena tanpa kita sadari kita pasti pernah melakukan bisnis walaupun kecil kecilan tapi tanpa menghapus inti dari bisnis yang berarti melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan.


Antara bisnis dan masyarakat terdapat hubungan yang bersifat implisit maupun eksplisit. Bagi masyakarat,dengan adanya bisnis dalam kehidupan masyarakat dapat meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja (baik secara langsung atau tidak), dan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat baik barang ataupun jasa contohnya adalah seseorang yang telah bekerja ia ingin menambah penghasilanya maka ia membuka bisnis online yang menjual berbagai macam sepatu ,dengan menjual sepatu tersebut ia bisa menambah penghasilanya . sementara seseorang yang membutuhkan sepatu kebutuhanya dapat terpenuhi dengan membeli sepatu darinya.
 
Menurut saya bisnis tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan karena bisnis dan kehidupan memiliki ikatan yang kuat satu sama lain ,Tidak dapat kita pungkiri lagi bawa peranan bisnis  sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat 

Klasifikasi bisnis

Untuk mengidentifikasi peluang bisnis ada dua fase yaitu:

1.Untuk menemukan gagasan
Ada 4 tempat memperoleh untuk gagasan peluang bisnis baru Yaitu
  •  Diri sendiri

Kepekaan untuk bertanya kepada diri sendiri apa yang di perlukan dan di beli oleh orang lain

  • Pelanggan dan pesaing

Sulit , karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang di ketahui

  • Pasar

Keberhasilan suatu produk di suatu pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensi di suatu pasar lain

  • Produk yang gagal

Suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru

2.Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
  • Analisis persoalan
  • Analisis situasi
  • Merumuskan wilayah yang tidak di ketahui
  • Mensurvei pelanggan sasaran
 
Bisnis terdiri dari berbagai jenis, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan kegiatan berdasarkan yang melakukan bisnis dalam menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan baku atau komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  • Pertanian dan usaha pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Informasi Bisnis adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual properti).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah keuntungan bisnis dengan memberikan barang atau individu dari sebuah lokasi yang lain. 








Reff
http://www.dosenpendidikan.com/11-pengertian-dan-klasifikasi-bisnis-menurut-para-ahli/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar